Header Ads

BUMDes Diharapkan Mampu Kuatkan Perekonomian Masyarakat Pedesaan





Lumajang, www.borgol-news.com  – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) diharapkan mampu membantu pemerintah untuk memperkuat perekonomian masyarakat pedesaan, sehingga dapat mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Danramil 0821/09 Candipuro Kapten Cba Nur Ismoyono saat menghadiri Sosialisasi Penguatan BUMDes Mitra Semeru, bertempat di Balai Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (22/10/2019).

Ismoyono juga menyampaikan, bahwa BUMDes merupakan badan usaha yang dikelola oleh pemerintah desa, yang tujuannya adalah untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memperkuat perekonomian di desa.

“Untuk itu, BUMDes diharapkan dapat dijadikan sebagai pilar kegiatan ekonomi desa yang dapat memperkuat perekonomian masyarakat, dengan membantu permodalan dan pemasaran produk unggulan yang diproduksi oleh masyarakat desa,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sumbermujur Safei mengatakan, bahwa BUMDes merupakan badan usaha milik desa yang bertujuan untuk membantu memperlancar jalannya perekonomian masyarakat, dengan mengoptimalkan aset desa serta menciptakan peluang pasar bagi usaha masyarakat, dan upaya lain yang dapat menunjang terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

Ia juga mengatakan, pengelola BUMDes bukanlah dari unsur pemerintah desa, melainkan dari masyarakat. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari adanya kepentingan pribadi yang memanfaatkan jabatan pemerintahan desa.

“BUMDes dikelola oleh masyarakat, dan hasilnya kembali untuk masyarakat. Untuk itu, dalam pelaksanaan kegiatannya harus netral dan profesional dalam bekerja,” pungkasnya. (Pendim0821/Fj)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.