Header Ads

Supervisi Fungsi Humas, Tim II Catat Kendala yang Dihadapi Humas Polres Gianyar dan Bangli




Denpasar Bali - Tim II Supervisi Bidhumas Polda Bali terdiri dari AKBP I Made Rustawan, S.H., M.H., Kompol I Made Swanjaya, S.H, Penda Dhanni Mediyanto dan Bripka I Ketut Bina Wartawan melaksanakan kunjungan kerja ke Polres Gianyar dan Bangli, Rabu (9/10/2019). Supervisi ke Polres Gianyar dipimpin langsung Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol. Hengky Widjaja, S.I.K., M.Si.

Kedatangan Tim Supervisi Bidhumas Polda Bali diterima Wakapolres Gianyar Kompol Adnan Pandibu, S.H., S.I.K., Kabag Ops Kompol Dewa Gede Mahaputra, S.H., Kabag Sumda Kompol Ketut Dana, S.H., Kasubag Humas Iptu Ketut Suarnata, S.H. dan para Kasi Humas jajaran Polres Gianyar.

Kombes Pol. Hengky Widjaja, S.I.K., M.Si. mengatakan,  kedatangannya ke Polres Gianyar dalam rangka melaksanakan kegiatan supervisi. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi personel Humas ditingkat Polres.

Perwira lulusan Akpol tahun 1993 ini meminta kepada personel Humas agar rajin melaksanakan cyber patrol untuk meminimalisir penyebaran berita hoax di dunia maya. Menurutnya Humas yang sekarang sudah tidak seperti dulu lagi, mengalami perubahan yang begitu luar biasa.

"Sekarang Humas sudah ada Subbid Multimedia dan menjadi etalasenya Polri. Untuk itu, saya mohon kepada para pejabat Polres bisa lebih faham dengan situasi Humas saat ini yang harus mengikuti perkembangan situasi sesuai harapan pimpinan," kata Kabid Humas.

Dijelaskannya bahwa supervisi ini bukan Wasrik untuk mencari atau menemukan kesalahan, tetapi dijadikan sarana untuk sharing terkait kendala yang dihadapi saat bertugas.

"Apa yang menjadi kendala agar disampaikan kepada Tim Supervisi untuk mendapat solusi. Dengan demikian anggota bisa kerja enjoy dan ikhlas sehingga hasilnya bisa lebih maksimal," ujar Kombes Pol. Hengky Widjaja, S.I.K., M.Si.

Pada kesempatan tersebut, Kasubag Humas Polres Gianyar, Iptu Ketut Suarnata, S.H. menyampaikan sejumlah masalah yang dihadapinya. Namun yang perlu mendapat atensi pimpinan adalah minimnya personel Humas baik ditingkat Polres maupun Polsek.

"Tugas kami sangat berat dengan  jumlah personel Humas yang sedikit, sementara tugas yang harus dikerjakan begitu banyak dan semua bersifat segera. Untuk itu, dimohon perkuat Humas dengan menambah jumlah personel yang usianya masih muda, bukan yang sudah tua," ucap Kasubag Humas Polres Gianyar.

Usai di Polres Gianyar, Tim II Supervisi Bidhumas menuju Polres Bangli. Hal yang sama dan tidak jauh berbeda diungkapkan oleh Kasubag Humas Polres Bangli, AKP Sulhadi.

AKP Sulhadi mengaku, personel yang ditugaskan tidak sebanding dengan beban tugas yang diberikan ke Humas. Jika Humas sebagai Satker utama dan etalasenya Polri agar dibarengi dengan penguatan sumber daya manusianya. 

"Selain pengutan SDM agar Humas Polres dilengkapi dengan peralatan pendukung dalam tugas, seperti kamera foto, kamera video, pesawat drone dan laptop. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kami menggunakan alat milik pribadi. Jika ada pengadaan barang, mohon diajukan sesuai kebutuhan Humas saat ini," imbuh AKP Sulhadi.

Menanggapi hal tersebut, AKBP I Made Rustawan, S.H., M.H. mengungkapkan, semua kendala yang disampaikan para Kasubag Humas sudah dicatat dan akan menjadi temuan dalam supervisi ini. Kemudian, akan dilaporkan kepada pimpinan sehingga kendala yang dihadapi dapat teratasi dan peran Humas di Polres dan Polsek bisa berjalan optimal.  (Hms)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.